Jumat, 08 Desember 2017

Daftar Anak Panah

Kita sesekali mesti belajar bagaimana menghadapi masalah dari Hellen Keller perempuan buta dan tuli yang mengguncang dunia dan ngaungannya masih terdengar sampai hari ini melalui bukunya dengan judul 'Kisah Hidupku' yang telah diterjemahkan kedalam 50 bahasa.

Dalam bukunya ia mengutip sebuah kata, "Walaupun dunia serat dengan derita, iapun serat dengan perjuangan untuk melampaui derita itu" Sebuah kutipan dari seorang wanita yang melampaui keterbatasannya. Hellen Keller, seorang wanita buta dan tuli yang berhasil meraih gelar diploma, sebuah gelar yang belum pernah diraih oleh orang seperti dirinya.

Jauh dari itu bagi kita seorang muslim mestinya lebih dapat bersyukur dari mereka. Kita bisa mengibaratkan hidup bagi seorang mukmin merupakan daftar anak panah yang berderet panjang.

Setiap anak panah itu adalah ujian ataupun masalah dari Sang Pencipta. Seorang mukmin harus lebih bisa mengarahkan fikirannya ke sesuatu yang positif melebihi manusia lain diliuar aqidah islam.

Kesadaran mesti dibangun bahwa terkadang hidup diwarnai dengan kondisi suka dan kondisi duka. Seorang mukmin tidak mengeluh apalagi menyalahkan Allah ketika sedang diuji dengan ujian seperti gagalnya sasaran sebuah impian dunia.

Pun bagi seorang muslim yang diuji dengan kenikmatan tak akan lupa bersyujur dengan karunia dari Allah. Sehingga Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam mengungkapkan ketakjuban beliu. "Sungguh menakjubkan urusan orang beriman! Sesungguhnya semua urusannya baik. Dan yang demikian tidak akan dirasakan siapapun selain orang beriman. Jika ia memperoleh kebahagiaan ia bersyukur. Dan jika ia ditimpa mudharat, maka ia bersabar. Dan bersabar itu baik baginya. (HR. Muslim)

Walkahu 'alam bishawab

Oleh : Eka Trisnawati Anwar

#Day13
#Squad3
#Muslimahpenaperadaban

1 komentar:

Mendidik Anak Usia Dini

Terkadang saya mendengar perkataan orang tua yang mengatakan otak anak saya belum siap menempuh pendidikan dan belajar. Padahal ...