Minggu, 18 Februari 2018

Jangan Merasa Lebih Baik

Merasa paling berkeringat di jalan dakwah itu wajar.
Yang tak wajar jika merasa lebih baik dibanding mereka yang tak berlelah-lelah bersamamu.

Merasa paling banyak mengisi pengajian itu wajar.
Yang tak wajar jika diri menilai orang lain rendah dibanding dirimu.

Merasa paling ringan dalam bersedekah itu wajar.
Yang tak wajar jika orang lain yang kelihatan kurang dalam bersedekah dianggap lebih hina.

Kita tidak pernah tau kedudukan seorang muslim di sisi Allah Ta’ala, tinggi dan terhormat. Maka, tidak pantas manusia merendahkan dan mencela seorang muslim, apalagi bila hal tersebut tidaklah benar, tidak berdasarkan ilmu.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh penilaian seseorang terhadap orang lain, yang dalam penilaiannya merugikan hak orang lain, putusnya persaudaraan, terjadinya ghibah, hasad, dengki, dan permusuhan dan meluasnya fitnah, hancurnya persatuan, serta terjerumusnya umat Islam dalam perpecahan dan pertikaian.

Ghibah termasuk perbuatan yang diharamkan oleh Allah sebagaimana dalam erfirmanNya:

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah...” (Al Hujurat 12)

Wallahu A'lam bishawab

#ODOP5
#Selasa 13/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mendidik Anak Usia Dini

Terkadang saya mendengar perkataan orang tua yang mengatakan otak anak saya belum siap menempuh pendidikan dan belajar. Padahal ...