Selasa, 17 Oktober 2017

Memanfaatkan Momentum

Rebutlah momentum yang ada. lakukan tindakan dari sekarang. Entah itu kita sudah tua ataupun masih muda. Siapapun itu ambillah momentum perubahan dari sekarang. Ini ada kaitannya dengan tulisan saya sebelumbya dengan judul Jangan Tunggu Tua. Namun kali ini penjelasannya lebih kepada waktu, InshaAllah.

Kita mungkin familiar dengan lirik lagu ini

"Bila waktu telah memanggil
Teman sejati tinggalah amal
Bila waktu telah berhenti
Teman sejati tinggalah sepi" [Opick-Bila Waktu]

Apa hubungannya dengan memanfaatkan waktu. Karena sejatinya waktu itu sangat cepat berlalu, dan tidak akan bisa terulang kembali. Orang-orang yang proaktiflah yang mampu mengambil momentum yang ada dan mengubahnya menjadi sebuah prestasi, tentunya setelah dibekali ilmu dan iman yang kuat.

Karena kita telah didahului Ukasyah masuk surga. Manfaatkan momentum yang ada. Sebagaimana Ukasyah.

Tahukah kalian mengapa Ukasyah dijamin masuk surga? Karena ia mampu merebut dan mempergunakan momentum yang ditawatkan nabi. Diriwayatkan dalam sebuah hadist yang panjang bahwa suatu hari nabi pernah memaparkan profil manusia penghuni surga.

Ketika itu sahabat mulai kasat-kusut karena mendapat kabar itu, mereka menduga-duga siapakah kiranya yang digambarkan rosulullah.

Ketika itu nabi bertanya kepada para sahabat "Apa yang kalian bicarakan?" Maka setelah mereka memberitahukan, Nabi SAW bersabda,

"Mereka adalah orang-orang yang tudak melakukan ruqyah, tidak meminta ruqyah, tidak meramal yang buruk-buruk dan kepada robnya mereka bertawakkal."

Maka tahukah siapa yang paling gesit? Ya itulah Ukhasyah, ia bangkit dan berkata "berdoalah kepada Allah agar Dia menjadikan aku golongan mereka." Beliau bersabda " Engkau termasuk golongan mereka"

Kemudian ada lelaki lain yang bangkit dan berdiri kemudian mengulang perkataan Ukasyah. Lalu beliau menjawab "Engkau telah didahului Ukhasyah"

Yah itulah momentum, ia cepat berlalu dan sangat cepat berlalu. Fastabiqul khairat, berlomba meraih kebaikan.

Merebut momentum untuk melakukan perbaikan. menambah aktitas positif dan bermanfaat. Karena momentum itu tidak akan terulang

#30DWC
#Squad9
#Days7
#MuslimahPenaPeradaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mendidik Anak Usia Dini

Terkadang saya mendengar perkataan orang tua yang mengatakan otak anak saya belum siap menempuh pendidikan dan belajar. Padahal ...