Selasa, 07 November 2017

Bersegara dan Berlarilah

Potensi kita ibarat air. Bila tergenang maka ia tidak hanya berubah warna namun juga akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan menjadi sumber penyakit.

Bila air bergerak akan menghidupkan, bila mengalir akan menyuburkan dan di jika dikelola akan memberi manfaat.

Air merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia dan alam semesta. Maka air harus selalu ada dan bergerak.

Manusia pun demikian, harus selalu bergerak dan bergerak. Karena dengan bergerak semuanya jadi indah dan hidup. Seperti air memberi kehidupan pada yang lain. Sebab bila air tersumbar ia akan mengeluarkan bau tak sedap, mengundang nyamuk berkembang biak yang mengakibatkan penyakit.

Bergerak akan mendatangkan keberkahan. Orang yang berusaha dan berlari menuju sebuah impian maka ia akan mengalahkan banyak orang.

Kitalah yang harus merangkak, berjalan dan bahkan jika perlu berlari menuju kebaikan. Karena kebaikan tidak pernah menunggu. Kitalah yang harus bersegerah.

Simaklah salah satu sahabat yang dikabarkan dimandikan oleh malaikat.

Perang Uhud baru saja berakhir, dengan kekalahan dari pihak kaum muslimin. Tatkala kaum muslim menghimpun jasad para syuhada untuk di kuburkan, Rasulullah kehilangan mayat Hanzalah.

Setelah mencari kesana-kemari, mereka mendapatkannya di atas gundukan tanah yang masih basah bekas guyuran air.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam mengabarkan kepada para sahabatnya bahwa malaikat telah memandikan jasadnya.

Rasulullah bersabda, "tanyakan kepada keluarganya, ada apa dengan dirinya?"

Beberapa orang yang di utus menemui isteri Hanzalah dan mereka menyampaikan maksud kedatangannya. Lalu isteri Hanzalah bercerita perihal apa yang dialaminya dengan suaminya.

"Saat hari bermulanya perang Uhud, aku dan Hanzalah baru saja menikah. Saat kami sedang safaf (malam pertama), dari luar terdengar seruang perang. Mendengar seruan jihad, suamilu melepas pelukanku dan kemudian mengambil peralatan perangnya. Dia kemudian bergegas menuju para sahabat menuju medan perang, tanpa sempat mandi junub."

Apa?! Hanzalah segera berlari menuju medan jihad, padahal ia sementara menikmati malam pertama dengan isterinya?

MaashaAllah, bersegera dan berlari itulah yang membuat Hanzalah menempati posisi mulia dimandikan oleh malaikat.

Sebagaimana dalam surah Ali Imran ayat 133 "Bersegeralah kamu kepada ampunan Allah yang luasnya seluas langit dan bumi, yanh disediakan untuk orang-orang yang bertakwa."

Bersegera dan berlarilah.

Sebagaimana ayat di atas, Allah tidak hanya menyuruh kita melakukan kebaikan, tetapi juga segera melakukan kebaikan.

Tidak harus menunggu waktu, menunggu minggi depan, tahun depan, atau nanti. Tidak. Kebaikan itu harus dilakukan segera. Berlarilah.

#30DWCjilid9
#Squad9
#Day28
#Tema
#MuslimahPenaPeradaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mendidik Anak Usia Dini

Terkadang saya mendengar perkataan orang tua yang mengatakan otak anak saya belum siap menempuh pendidikan dan belajar. Padahal ...