Senin, 18 Januari 2016

Berprasangka Buruk

Tidak jarang kita temui orang-orang yang suka berprasangka terhadap saudaranya yang lain,
  tanpa tahu alasan yang sebenarnya.

ada yang langsung menghaikimi, namun yang lebih gawat kalau si B ini menceritakan perihal perasangkaan buruk si A kepada si C, nah hati-hati. itu namanya sudah gibah alias ngegosip kalau hal yang diceritakan itu benar,  tapi kalau nga benar,  namanya fitnah, tau kan fitnah dan gibah  itu sperti apa kedudukannya, Naudzubillah...

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka iotu adalah dosa"(TQS.al-Hujurat : 12 ) 

Ibnu Abbas ra. berkata tafsir ayat ini adalah "Allah melarang kaum mukmin berprasangka buruk kepada mukmin lain."

dari Abu Huraira ra., sesungguhnya Rosulullah saw. bersabda:
Hati-Hati dan jagalah diri kalian dari prasangka buruk, karena berprasangka buruk adalah perkataan paling dusta.(Mutafaq 'alaih) 

Ya Allah Ampuni dosa kami yang selalu berburuk sangka terhadap saudari kami, semoga jadi bahan Muhasabah bagi diri kita. tidak jarang kita temui kaum muslim bahkan diri kita pribadi yang seperti hal diatas dan ternyata ini dilarang oleh Allah SWT dan Rosulullah saw...

contoh banyaknya kejadian seperti  bom Sarina Tamrin, teroris , radikalisme, kriminal de, el, el. selalu dikaitkan dengan kaum muslim, padahal jelas-jelas Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan, terorisme, bunuh diri,
  tapi setiap ad kejadian seperti ini malah meliriknya ke Islam,  bukan hanya melirik bahkan,  yang tidak masuk akalpun sampai  orang islam yang jelas baik, rajin ke mesjid, rajin ibadah, sering membawa Al Qur'an, berjenggot, suka bawa banyak buku, tas ransel, dkk.
Malah dituduh teroris,  dan baru terduga sudah ditembak. yang jelas-jelas pencuri kelas kakap alias koruptor malah dibiarkan,... duh aneh, berarti ada yang salah bukan...? masih mau bertahan dengan kondisi sperti ini ?

kalau saya mah ogah? 

nah kembali ke Lep...top....

Lantas kalau begini dan begitu (hihi kayak lagu aj), kita tidak boleh dong menuduh dan curiga atau bahkan membuka aib para koruptor, sperti yang saya tulis diatas, tidak boleh menuduh bahwa Bom sarinah Tamrin kemarin itu adalah pengalihan Isu oleh segelintir orang serakah,  tidak boleh menuduh dan curiga bahwa isuu teroris itu adalah untuk monsterisasi Islam dan Simbol-simbol Islam, pokoke nga boleh deh kan dilarang sama agama, iya kan,?

aduh mangkanya kalau baca tuh harus kelar, sama halnya kalau belajar Islam jangan parsial alias setengah-setengah aja,..

lanjut yah bacannya...

Abu Hurairah ra. berkata bahwa buruk sangka terhadap mukmin yang kelihatannya shalih tidak diperbolehkan.Bahkan disunnahkan kita berbaik sangka kepadannya. Adapun buruk sangka terhadap seseorang yang nampak keburukannya dan diragukan kredibilitasnnya dipebolehkan,berdasarkan Hadist riwayaal Bukhari dari 'Aisyah; ia berkata,Rosulullah SAW, berdasabda : Aku tidak berperasangka buruk kepada si fulan dan si fulan yang keduanya memahami sesuatu dari hukum-hukum agama kita.

Ya Allah hindarkan kami dari buruknya perbuatan kami dan dari buruknya ucapan kami. Ampuni Dosa-dosa kami baik yang dusengaja maupun yang tidak Kami Sengaja, Amin...


7 komentar:

  1. Mb banyak yang typo, diperbaiki lagi ya mb tulisannya. Hehe
    Ohya, pesan moralnya udah dapat. Semangattt

    BalasHapus
  2. Mb banyak yang typo, diperbaiki lagi ya mb tulisannya. Hehe
    Ohya, pesan moralnya udah dapat. Semangattt

    BalasHapus
  3. MenJUST ? justifikasi kali, mbak. Mungkin maksud mbak me- judge, menghakimi. Kalau mau pakai kata menghakimi atau justifikasi.

    BalasHapus
  4. yaps mba febie... itu maksudnya hehe,

    men-judge (meng hakikimi) kalau dalam penulisan, bahasa yang menyambungkan bahasa ingris dengan indo misal men-judge itu nga masalah kah mba...?

    BalasHapus
  5. Ngga masalah Eka....hehehe... Yup..pesennya dpt... Maw koreksi niy... Di tuduh dan di tembak hrsnya nyambung mjd dituduh dan ditembak, krn fungsi di sbg awalan bukan kt depan kayak di Jakarta... Ini jg skaligus mengingatkan saya siy.. Krn sy jg sering bingung dg penggunasn di dan ke....:)

    BalasHapus
  6. @aminy harros

    :)Trima kasih masukannya, InsyaAllah kedepannya diperbaiki...

    Thank's uda mampir :)

    BalasHapus

Mendidik Anak Usia Dini

Terkadang saya mendengar perkataan orang tua yang mengatakan otak anak saya belum siap menempuh pendidikan dan belajar. Padahal ...